ANALISIS KUALITAS PELAYANAN POLI GIGI DI UPTD PUSKESMAS KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA (PUSKESMAS KAMPUNG BANGKA)

Main Author: HELEN OKVIANITA, 13.131.0252
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/801/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/801/
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan merupakan suatu istilah yang sering dipertanyakan oleh pengguna layanan ketika mereka hendak melakukan suatu layanan, begitu juga kualitas pelayanan Poli Gigi. Penilaian tingkat kualitas pelayanan dapat dilakukan beberapa cara. Penelitian dilakukan di Poli Gigi UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Tenggara (Puskesmas Kampung Bangka) yang terletak di Jl. Imam Bonjol Gg. Busri RT 01/10, Kecamatan Pontianak Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Poli Gigi di UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Tenggara (Puskesmas Kampung Bangka). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan selisih gap (rata-rata servqual) menghasilkan skor negatif yaitu -0,43 yang berarti kualitas pelayanan yang diberikan Poli Gigi tidak baik, dengan rincian atribut dimensi keandalan menghasilkan skor -0,46 harapan pasien tidak tercapai; atribut dimensi responsivitas menghasilkan skor -0,36 harapan pasien tidak tercapai; atribut dimensi jaminan menghasilkan skor -0,45 harapan pasien tidak tercapai; atribut dimensi empati menghasilkan skor -0,40 harapan pasien tidak tercapai; atribut dimensi wujud menghasilkan skor -0,48 harapan pasien tidak tercapai. Berdasarkan penelitian Analisis Kualitas Pelayanan Poli Gigi di UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Tenggara (Puskesmas Kampung Bangka) ditinjau dari lima dimensi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Poli Gigi tersebut tidak baik. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, persepsi, dan harapan.