DESKRIPSI KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 KETAPANG

Main Author: WIDI WAHYUDI, 111620407
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/793/1/Skripsi%20PDF.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/793/
Daftar Isi:
  • Widi Wahyudi. (111620407). Deskriptif Kemampuan Multirepresentasi Pada Materi Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Ketapang. Dibawah bimbingan MAHWAR QURBANIAH, M.Si dan RODY PUTRA SARTIKA, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan multirepresentasi level simbolik pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Ketapang; (2) Mendeskripsikan kemampuan multirepresentasi level mikroskopik pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Ketapang; (3) Mendeskripsikan kemampuan multirepresentasi level makroskopik pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Ketapang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berupa pengukuran hasil tes dan wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes essai yang terdiri dari 9 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kemampuan multirepresentasi simbolik soal nomor 1 sebesar 86,5% dengan kategori sangat baik, soal nomor 2 sebesar 59,22% dengan kategori cukup, dan soal nomor 3 sebesar 66% dengan kategori baik. Dari hasil ini kemampuan multirepresentasi simbolik seluruh siswa sebesar 70,57% dengan kategori baik. Kemampuan multirepresentasi makroskopik soal nomor 4 sebesar 83,86% dengan kategori sangat baik, soal nomor 5 sebesar 68,57% dengan kategori baik, dan soal nomor 6 sebesar 77,14% dengan kategori baik. Dari hasil ini kemampuan multirepresentasi makroskopik seluruh siswa sebesar 76,52% dengan kategori baik. Kemampuan multirepresentasi makroskopik soal nomor 7 sebesar 52,86% dengan kategori cukup, soal nomor 8 sebesar 36,14% dengan kategori kurang, dan soal nomor 9 sebesar 34,71% dengan kategori kurang. Dari hasil ini kemampuan multirepresentasi mikroskopik seluruh siswa 41,25% dengan kategori cukup. Kata kunci : deskripsi, kemampuan multirepresentasi, laju reaksi