MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH TERHADAP RETENSI DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA N 1 SANDAI KABUPATEN KETAPANG

Main Author: Sulastri, 141630118
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/758/1/SKRIPSI%20PDF.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/758/
Daftar Isi:
  • SULASTRI. 141630118. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash terhadap Retensi dan Kemandirian Siswa pada Materi Sel Kelas XI di SMAN 1 Sandai Kabupaten Ketapang. Dibimbing oleh ANANDITA EKA SETIADI, M.Si dan HANUM MUKTI RAHAYU, M.Sc. Media pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mengatasi rendahnya retensi dan kemandirian belajar siswa pada materi sel. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media interaktif berbasis flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh media interaktif berbasis flash pada materi sel terhadap retensi dan kemandirian siswa di kelas XI SMAN 1 Sandai Kabupaten Ketapang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen bentuk eksperimen semu (Quasi Experiment Design). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 2 untuk kelas eksperimen dan XI MIA 3 untuk kelas kontrol. Pengumpulan data retensi siswa menggunakan tes retensi sedangkan data kemandirian belajar menggunakan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media interaktif berbasis flash terhadap retensi siswa sebesar 0,70 kategori tinggi dengan persentase 43%. Pengaruh media interaktif berbasis flash terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 1,99 kategori tinggi dengan persentase 79,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis flash memberikan pengaruh yang tinggi terhadap retensi dan kemandirian belajar siswa XI SMAN 1 Sandai Kabupaten Ketapang. Kata Kunci: flash, kemandirian belajar, media interaktif, retensi, sel