KORELASI TINGKAT KEHADIRAN SISWADENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 PONTIANAK

Main Author: ANJAR SARI, 121410558
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/756/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/756/
Daftar Isi:
  • Anjar Sari (121410558) Sari: Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4. Di bawah bimbingan Heriansyah, SH, SHI, M.Pd dan Wahdah, S. Ag, M. Pd. Tujuan umum dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasi tingkat kehadiran siswa dengan hasil belajar pendidikan agama Islam di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di SMK Negeri 4 Pontianak dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu: teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data berupa tes, dan dokumen. Peneliti menggunakan perhitungan statistik persentase dan rumus rata-rata, dan rumus product moment. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat kehadiran siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak sebesar 91,63% dan tergolong sedang atau cukup baik, 2) Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak sebesar 69,22 dan tergolong sedang/cukup baik, 3) Terdapat korelasi positif antar tingkat kehadiran dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak dengan kontribusi sebesar 77,96%. Artinya kenaikan variabel X (tingkat kehadiran) diimbangi oleh variabel Y (hasil belajar PAI), atau penurunan variabel X diimbangi oleh varabel Y. Kata Kunci: Korelasi Peningkatan, Kehadiran Siswa, Hasil Belajar