“ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN PADA KAMAR TIPE STANDAR LANTAI 1 DI BAGOES GUEST HOUSE SINTANG"

Main Author: AGUS SYAFARUDIN, 131310763
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/731/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/731/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk meneliti kualitas pelayanan konsumen pada kamar tipe Standar lantai 1 di Bagoes Guest House Sintang yang terdiri dari beberapa variable, yaitu variable kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Variable – variable tersebut digunanakan untuk menganalisis kualitas pelayanan konsumen pada kamar tipe standar lantai 1 Bagoes Guest House Sintang. Manfaat penelitian ini diantaranya adalah sebagai langkah awal dalam pengembangan keilmuan bagi penulis, sebagai informasi dan bahan masukan bagi perusahaan serta sebagai penambah wawasan serta bermanfaat untuk reverensi bagi penelitian karya ilmiah. Berikutnya metode penelitian mengunakana metode survey dengan teknik pengumpulan data yaitu. Observasi wawancara, kueisioner dan studi dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 orang, dengan metodel serqual, hasil dari penelitian ini menunjukan masih banyak variable yang belum memenuhi harapan konsumen, hasil pengolahan dan analisis perdimensi dapat diketahui bahwa nilai (gap) rata-rata dimensi layanan adalah (-0,142), nilai (gap) terbesar adalah (-0,39) yaitu dimensi Bukti Fisik (Tangible) sedangkan nilai Gap terkecil adalah dimensi Assurance (jaminan) dengan nilai Gap 0,03. Hal ini menunjukkan bahwa dimensi Bukti Fisik (Tangible) perlu atau lebih diprioritaskan untuk dilakukan peningkatan. Sedangkan jika dilihat dari keseluruhan dimensi di atas belum memenuhi harapan dari konsumen dan perlu ada sedikit perbaikan atau meningkatan pelayanan yang nantinya akan dapat meningkatkan daya tarik tamu untuk menginap lagi di Bagoes Guest House, Sintang.