PERAN GURU PAI SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AT-TAUFIQIYAH DESA NUSAPATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | MUSLIMIN, 121410051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/726/1/COPER.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/726/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/726/3/BAB%20I.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/726/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah At-Taufiqiyah. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: 1) Upaya apa saja yang dilakukan guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah At-Taufiqiyah. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah At-Taufiqiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan tahap persiapan, pelaksanaan, penyelesaian. Subjek penelitian adalah peran guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu dengan mencatan hasil lapangan, mengumpulkan dan memilah data, dan kemudian membuat temuan-temuan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah At-Taufiqiyah meliputi: Pembinaan Kesadaran Diri, Pembinaan Kecakapan Motivasi, Pembinaan Pengaturan Diri dan Kemampuan Berempati. Faktor pendukung sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta lingkungan yang nyaman dan kondusif. Faktor penghambat terbatasnya waktu pertemuan, serta kurangnya motivasi dan perhatian dari orang tua. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Motivator, Kecerdasan Sosial