PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
Main Author: | NURULHUDA, 131620285 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/708/1/1.%20Cover.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/708/2/1.%20BAB%20I.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/708/3/6.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/708/ |
Daftar Isi:
- NURULHUDA. 131620285. Pengembangan Modul Keterampilan Dasar Mengajar Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Dibimbing oleh TUTI KURNIATI, S.Pd, M.Si dan DEDEH KURNIASIH, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul keterampilan dasar mengajar kimia berbasis pendekatan saintifik valid dan praktis sehingga dapat membantu mahasiswa untuk memahami keterampilan melakukan demonstrasi dan eksperimen. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3-D yang meliputi tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Develop). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket validasi, dan angket respon mahasiswa. Kevalidan aspek materi sebesar 95% dan kevalidan aspek media sebesar 97,22% dengan rata-rata kevalidan sebesar 96,11% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata kepraktisan modul dari uji coba perorangan (96%) dan uji coba kelompok kecil (81,06%) adalah 88,53% sehingga dikategorikan sangat praktis. Dari hasil kevalidan dan kepraktisan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa modul keterampilan dasar mengajar kimia berbasis pendekatan saintifik layak digunakan pada mata kuliah Kemampuan Dasar Mengajar Kimia. Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar Kimia, Modul, Pendekatan Saintifik