UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CEMPAKA RASAU JAYA

Main Authors: ANIS ARUM SARI, 091610..., WAHDAH, mrs, SUDARTI, mrs
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/68/1/JURNAL%20ANIS%20ARUM%20SARI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/68/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi belum optimalnya kemampuan motorik halus anak di PAUD Cempaka Rasau Jaya, yang ditandai dengan kurang lenturnya jari-jari anak dan koordinasi mata anak yang kurang fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah guru belum mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan yang berbeda, hal ini disebabkan guru lebih memfokuskan perkembangan motorik halus dengan kegiatan menggambar, mewarnai dan menebalkan huruf saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak di PAUD Cempaka Rasau Jaya, untuk keperluan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran dengan menggunakan kegiatan finger painting. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif melalui jenis penelitian kualitatif, yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan masing-masing dua kali pertemuan pada setiap siklus. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, pada tahap pengamatan oleh observer. Tekhnik pengolahan data menggunakan perhitungan persentase pada siklus I sampai dengan siklus III menggunkan indikator keberhasilan di katakan berhasil apabila mencapai 75% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian pada kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan meniru membuat garis tegak, datar, miring dan lengkung, membuat bentuk-bentuk geometri dan membuat gambar bunga setelah diberikan pembelajaran dengan kegiatan finger painting dari tindakan siklus I sampai dengan tindakan siklus III mengalami peningkatan.