RECIPROCAL TEACHING (RT) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP METAKOGNISI, HASIL BELAJAR DAN RETENSI DI SMA NEGERI 1 BATU AMPAR

Main Author: NOVITA, 131630010
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/605/1/SKRIPSI_NOVITA_131630010.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/605/
Daftar Isi:
  • NOVITA (131630010). Reciprocal Teaching Berbasis Lesson Study Terhadap Metakognisi, Hasil Belajar dan Retensi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu Ampar. Dibimbing oleh NURI DEWI MULDAYANTI, M.Pd, dan HANUM MUKTI RAHAYU, M.Sc. Guru merupakan salah satu peran penting dalam proses pembelajaran, khusunya guru mata pelajaran Biologi. Oleh karena itu guru di tuntut untuk menggunakan model pembelajran yang kreatif. Pelaksanaan pem¬belajaran Biologi membutuhkan profesiona¬lisme guru yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal teaching (RT) berbasis lesson study di harapkan dapat membantu gugu-guru Biologi dalam meningkatkan metakognisi, hasil belajar dan retensi siswa di SMA Negeri 1 Batu Ampar. Lesson study dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu Plan (perencanaan), Do (Implementasi) dan See (Refleksi). Metode dalam penelitian adalah Quasi Experimen Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, Kelas eksperimen (X-C) dan kelas kontrol (X-D).Data dalam penelitian ini merupakan data nilai angket, hasil belajar dan retensi siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney dengan taraf signifikansi sebesar 0.05 terdapat perbedaan kesadaran metakognisi sebesar (0.016), hasil belajar sebesar (0.000) dan retensi sebesar (0.038). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulan bahwa terdapat perbedaan kesadaran metakognisi, hasil belajar dan retensi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Reciprocal teaching, Hasil Belajar, metakognisi, retensi, lesson study, Pembelajaran Biologi.