SEPY SAPARINA (121630070). Efektivitas Buku Saku Berbasis Mnemonik dengan Metode SQ3R terhadap Retensi Siswa pada Sub Materi Tulang di Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak
Main Authors: | SAPARINA, SEPY, EKA SETIADI, ANANDITA, MULDAYANTI, NURI DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/556/1/SEPY_SAFARINA.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/556/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mengatasi rendahnya retensi siswa pada sub materi tulang. Salah satu media yang dapat digunakan adalah buku saku berbasis mnemonik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan besarnya pengaruh Buku saku berbasis mnemonik dengan metode SQ3R terhadap retensi siswa serta mengetahui efektivitas buku saku berbasis mnemonik menggunakan metode SQ3R terhadap retensi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas X1 IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Perlakuan di kelas eksperimen menggunakan buku saku berbasis mnemonik dan di kelas kontrol menggunakan LKS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan buku saku berbasis mnemonik efektif terhadap retensi siswa yang diajar menggunakan metode SQ3R. Retensi siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol (nilai U Mann-Withney 0,007) dan dipengaruhi perlakuan sebesar 58,9% (nilai Effect Size 0,11). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan retensi siswa yang signifikan dan memberikan pengaruh terhadap retensi siswa yang diajar dengan buku saku berbasis mnemonik menggunakan metode SQ3R.