Analisis Kesiapan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Dikelas VIII SMP Negeri 1 Hulu Gurung

Main Authors: RAHMIATI, RAHMIATI, EKA SETIADI, ANANDITA, MUKTI RAHAYU, HANUM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/553/1/RAHMIATI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/553/
Daftar Isi:
  • Kurangnya kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi terjadi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Hulu Gurung yang ditandai dengan nilai ulangan harian di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesiapan belajar, deskripsi kesiapan belajar dan faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di kelas VIII SMP Negeri 1 Hulu Gurung. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Hulu Gurung sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa kriteria sangat tidak siap sebesar 55%, kriteria tidak siap sebesar 30%, kriteria cukup siap sebesar 15% sedangkan kriteria siap untuk belajar mata pelajaran IPA yaitu sebesar 0. kesiapan belajar siswa dapat dilihat antara lain siswa yang tidak mengeluarkan buku paket, catatan dll, sehingga banyak siswa yang tidak menjawab pertanyaan yang diberikan. Selain itu juga terlihat siswa tidak tertarik mempelajari materi yang dijelaskan oleh guru dengan menunjukkan siswa sering ngobrol, ribut, bermain sendiri, tidak berpartisipasi dalam kerja kelompok dan tidak ada siswa yang mengeluarkan pendapat pada saat diskusi berlangsung. Faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa dengan kriteria tidak baik yaitu indikator pemahaman terhadap mata pelajaran (35,33%), cara orang tua mendidik (37,33%) dan penggunaan metode pembelajaran (24,99%) serta penggunaan media pembelajaran (20,66%).