Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Penilaian Kinerja Siswa pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI SMA Negeri 1 Balai Batang Tarang

Main Authors: APRILIYA, NUNING, MUKTI RAHAYU, HANUM, MULDAYANTI, NURI DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/551/1/NUNING_APRILIYANA.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/551/
Daftar Isi:
  • sistem gerak pada manusia. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran discovery learning agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan penilaian kinerja siswa serta pengaruh metode discovery learning pada materi sistem gerak pada manusia kelas XI SMA Negeri 1 Balai Batang Tarang tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dan bentuk penelitiannya berupa Quasy Experimental dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar dan lembar observasi unjuk kerja. Berdasarkan hasil statistik uji U Mann Whitney bahwa Zhitung < Ztabel pada hasil belajar siswa menunjukkan sebesar 0,000<0,05 sedangkan unjuk kerja sebesar 0,001<0,05. Pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar dapat dilihat dari hasil perhitungan effect size (ES) yang diperoleh sebesar 1,55 dengan kategori pengaruh tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah hasil belajar dan penilaian kinerja siswa yang menggunakan metode discovery learning lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah-eksperimen.