Analisis Pengelolaan Kelas Oleh Guru IPA Pada Materi Biologi Di SMP Negeri 14 Pontianak
Main Authors: | MUSLIMATUL, AINI, MULDAYANTI, NURI DEWI, HERIANSYAH, HERIANSYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/550/1/MUSLIMATUL_AINI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/550/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif Murni yang dilakukan di SMP Negeri 14 Pontianak. Pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilaksanakan oleh guru di SMP Negeri 14 Pontianak sudah terlihat adanya usaha yang dilakukan oleh guru, walaupun belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru IPA pada materi Biologi di SMP Negeri 14 Pontianak yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fisik dalam kelas sudah memadai dengan baik untuk kegiatan pembelajaran seperti, pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pembelajaran, serta penataan keindahan dan kebersihan. Pengelolaan siswa yang dilakukan oleh guru di kelas ditinjau dari menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberi petunjuk-petunjuk yang jelas, memberi teguran, memberi penguatan, dan pengelolaan kelompok juga sangat baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru IPA sudah baik.