Penerapan model Pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) berbantuan Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan kelas VII di SMP Bina Utama Pontianak
Main Authors: | ASTRIA, ASTRIA, DIDIK KURNIAWAN, ARIF, MUKTI RAHAYU, HANUM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/542/1/ASTRIA.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/542/ |
Daftar Isi:
- Pada saat proses pembelajaran berlangsung respon siswa terhadap pembelajaran masih rendah sehingga hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) berbantuan puzzle pada materi sistem organisasi kehidupan kelas VII di SMP Bina Utama. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksprimen dan bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksprimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,042 ˂ 0,05. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh nilai effect size (ES) 0,60 (tergolong sedang) dan memberikan pengaruh sebesar 38,2 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS)