Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sajad Kabupaten Sambas
Main Authors: | WULANDARI, WELSA, EKA SETIADI, ANANDITA, MULDAYANTI, NURI DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/539/1/WELSA%20WULANDARI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/539/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan guru untuk memperbaiki pembelajaran Biologi di kelas VIII SMP Negeri 1 Sajad Kabupaten Sambas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar siswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian pada siklus I pencapaian persentase keaktifan siswa sebesar 58,62% dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 68,96%, pada siklus II pencapaian persentase keaktifan siswa sebesar 76,66% dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 83,33%. Dapat disimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.