Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak

Main Authors: WAHYUDI, WAHYUDI, MULDAYANTI, NURI DEWI, QURBANIAH, MAHWAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/538/1/WAHYUDI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/538/
Daftar Isi:
  • Kesulitan belajar pada materi sistem pencernaan manusia terjadi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak yang ditandai dengan nilai ulangan harian di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Pontianak sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, komunikasi tidak langsung,dan komunikasi langsung. Hasil penelitian menunjukan persentase pengaruh faktor internal aspek fisiologis dengan indikator motivasi sebesar 13,09 minat sebesar 13,34%, aspek psikologis dengan indikator kesehatan sebesar 25,66%, kebiasaan belajar sebesar 21,22%. Faktor eksternal aspek orang tua indikator dukungan sebesar 0,78%, materi sebesar 14,45%, aspek sekolah dengan indikator metode sebesar 36,67%, indikator media sebesar 48,67%, sedangkan pada aspek masyarakat untuk indikator televisi sebesar 44,45%, dan pergaulan sebesar 37,27%. Berdasarkan hasil tersebut faktor yang mendominasi mempengaruhi kesulitan belajar terdapat pada faktor internal indikator kesehatan dan faktor eksternal indikator media.