Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Biologi) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak

Main Authors: WAHDINIAH, WAHDINIAH, MUKTI RAHAYU, HANUM, MULDAYANTI, NURI DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/537/1/WAHDINIAH.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/537/
Daftar Isi:
  • Setiap siswa di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak tentu memiliki gaya dan cara belajarnya masing-masing dalam upaya mempelajari materi pelajaran. Untuk itu identifikasi terhadap gaya belajar masing-masing siswa dilakukan, agar guru dapat menerapkan variasi metode pelajaran yang sesuai dengan setiap gaya belajar siswa-siswa di kelas. Fokus penelitian adalah gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA (Biologi) materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian studi survei, melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Hasil angket untuk menentukan kelompok-kelompok siswa berdasarkan gaya belajarnya masing-masing menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual berjumlah 13 orang, siswa dengan gaya belajar auditorial berjumlah 17 orang dan siswa dengan gaya belajar kinestetik berjumlah 12 orang. Penataan terhadap siswa ke dalam kelompok sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing, ditujukan untuk mempermudah proses pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas VIII G SMP Negeri 14 Pontianak, lebih banyak siswa dengan tipe gaya belajar auditorial atau menyenangi cara belajar yang mengutamakan pendengaran atau mendengarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA (Biologi) materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak bervariasi. Artinya, siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak melakukan kegiatan belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.