Penerapan Metode Picture And Picture Menggunakan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 19 Pontianak
Main Authors: | ROHIMAH, ROHIMAH, MULDAYANTI, NURI DEWI, MUKTI RAHAYU, HANUM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/532/1/ROHIMAH.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/532/ |
Daftar Isi:
- Pada saat proses pembelajaran berlangsung respon siswa terhadap pembelajaran masih rendah sehingga hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia belum maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Picture and Picture menggunakan media Puzzle dan metode ceramah menggunakan media Puzzle pada materi sistem pencernaan manusia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah quasy exsperimental design dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh nilai effect size (ES) 0,6 (tergolong sedang) dan memberikan pengaruh sebesar jika dilihat dari table interpretation of Cohen’s diperoleh nilai 38,2%. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode picture and picture menggunakan media puzzle