Pengaruh Penerapan Metode Learning Start With A Question Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Sistem Indra di SMA Negeri 6 Pontianak
Main Authors: | NORMI, NORMI, MULDAYANTI, NURI DEWI, QURBANIAH, MAHWAR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/529/1/NORMI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/529/ |
Daftar Isi:
- Aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari tahun 2013 dan 2014 dan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM (75) pada sub materi sistem indra, sehingga proses pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode Learning Start With A Question pada materi sistem indra di SMA Negeri 6 Pontianak. Bentuk penelitian quasi eksperiment design dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga ditetapkan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 82,94 dan kelas kontrol adalah 73,19. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 83,65 dan kelas kontrol adalah 67,32. Hasil perhitungan menggunakan persamaan Effect Size diperoleh nilai 1,0 (besar), memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar sebesar 55,4%, dan hasil belajar diperoleh nilai 1,3 (besar), memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 65,3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Learning Start With A Question memberikan pengaruh yang besar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.