Model Inkuiri Terbimbing dengan Kunci Determinasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tumbuhan Biji di kelas X SMA Negeri 8 Pontianak

Main Authors: MELTASARI, SULAIMAN, MULDAYANTI, NURI DEWI, MUKTI RAHAYU, HANUM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/527/1/MELTASARI_SULAIMAN.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/527/
Daftar Isi:
  • Pada saat proses pembelajaran berlangsung respon siswa terhadap pembelajaran masih rendah sehingga hasil belajar siswa pada materi tumbuhan biji belum maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dengan kunci determinasi dan model konvensional dengan kunci determinasi pada materi tumbuhan biji. Bentuk penelitian yang digunakan adalah quasy exsperimental design dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas X MIA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh nilai effect size (ES) 0,6 (tergolong sedang) dan memberikan pengaruh sebesar 38,2 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan kunci determinasi.