Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIIID SMP Negeri1 Jawai Kabupaten Sambas

Main Authors: MEILITASARI, MEILITASARI, Mawardi, Mawardi, MULDAYANTI, NURI DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/526/1/MEILITASARI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/526/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari pada masalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan rendahnya aktivitas belajar siswa, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIIID SMP Negeri 1 Jawai Kabupaten Sambas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Jawai Kabupaten Sambasmelalui metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID sebanyak 30 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dari setiap siklus dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas klasikal siklus I yaitu 66.67% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,17 dengan ketuntasan 66,67% meningkat pada siklus II adalah 72,33 dengan ketuntasan 83,33%. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan aktivitas dah hasil belajar siswa.