Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 3 Sungai Kakap

Main Authors: KUSMALIADY, KUSMALIADY, MUKTI RAHAYU, HANUM, DIDIK KURNIAWAN, ARIF
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/523/1/KUSMALIADY.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/523/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah sehingga peran guru masih mendominasi pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual dengan metode ceramah berbantuan media audio visual. Bentuk metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yaitu 0,000<0,05 sedangkan perhitungan menggunakan Effect Size diperoleh nilai 0,1 yang diinterpretasikan menggunakan interpretasi Cohen menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media audio visual termasuk dalam kategori besar. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terdapat perbedaan dan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.