Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Divisi Spermatophyta di Kelas VII MTs. Negeri 2 Pontianak
Main Authors: | JULIANTI, JULIANTI, QURBANIAH, MAHWAR, DIDIK KURNIAWAN, ARIF |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/522/1/JULIANTI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/522/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran dan media yang digunakan masih belum dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dilakukan upaya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media 3 Dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) menggunakan media 3 dimensi dengan model konvensional menggunakan media 3 dimensi pada materi divisi spermatophyta di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan observasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney data posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media 3 dimensi. Berdasarkan perhitungan Effect Size, model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi memberikan pengaruh sebesar 55,4% dengan kategor tinggi. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi divisi spermatophyta.