Analisis Kompetensi Pedagogik Guru IPA Di SMP Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Main Authors: BUDIYANTI, FENNY, DIDIK KURNIAWAN, ARIF, QURBANIAH, MAHWAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/515/1/FENI_BUDIYANTI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/515/
Daftar Isi:
  • Kompetensi padagogik guru IPA SMP Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya terkait dengan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sudah terlaksana, akan tetapi dalam merencanakan pembelajaran guru sulit menentukan metode pembelajaran, dalam melaksanakan pembelajaran guru sering kekurangan waktu sehingga evaluasi pembelajaran tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru IPA dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif . Hasil analisis menunjukkan kompetensi pedagogik guru IPA dalam merencanakan pembelajaran di SMP Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada guru I (Kelas VIII) dan guru II (Kelas IX), ketiga RPP yang dibuat guru sudah sesuai dengan RPP Dirjen Pendidikan Dasar, tetapi ada beberapa aspek yang masih belum lengkap, dalam melaksanakan pembelajaran di SMP Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pelaksanaan dari ketiga RPP yang dibuat guru I (Kelas VIII) dan guru II (Kelas IX) pada RPP pertama, kedua dan ketiga guru sudah melakukan semua aspek sesuai RPP yang dibuat, tetapi alokasi waktu kegiatan pendahuluan pada RPP tidak sesuai dengan pelaksanaan. Kemudian, pada tahap kegiatan inti metode pembelajaran sudah dilaksanakan. Selanjutnya pada kegiatan penutup guru telah melakukan semua aspek di RPP. Sedangkan pada tahap evaluasi pembelajaran guru I (Kelas VIII) dan guru II (Kelas IX) sudah melakukan semua aspek yang tercantum dalam pedoman observasi evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pendagogik guru IPA yaitu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sudah terlaksana. Namun, ada beberapa aspek yang belum lengkap.