Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Flash Terhadap Hasil Belajar Materi Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X di MAN Filial Pontianak
Main Authors: | MAHARDIKA RIANDI, DIRGA, MUKTI RAHAYU, HANUM, DIDIK KURNIAWAN, ARIF |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/512/1/DIRGA%20MAHARDIKA%20RIANDI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/512/ |
Daftar Isi:
- Materi kingdom animalia merupakan salah satu materi yang diajarkan di MAN Filial Pontianak yang dianggap sulit oleh siswa, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai KKM (75). Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa pada materi kingdom animalia dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan model konvensional ceramah pada materi kingdom animalia kelas X di MAN Filial Pontianak tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney nilai hasil belajar siswa diperoleh angka signifikan sebesar 0,024 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional ceramah. Pada pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh sebesar 38,2% dengan kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat perbedaan dan pengaruh belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah.