Aktivitas Belajar siswa Pada Materi Stuktur Atom Kelas X Mia Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pontianak

Main Author: LESI WENI SARI, 111620334
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/509/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/509/2/BAB%20I%20.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/509/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa yang rendah, yang mana aktivitas belajar berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui besar intensitas aktivitas belajar siswa dalam materi struktur atom saat proses pembelajaran kimia berlangsung. Sebanyak 36 siswa dari kelas X MIA 5 dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini melalui metode purposive sampling. Data aktivitas belajar dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Hasil pengumpulan data tersebut menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang tertinggi yaitu pada aspek aktivitas emosional (emotional activities) 76,85%, dan menurun pada aspek aktivitas dengar (listening activities) 74,65% , aktivitas pandang (visual activities) 67,36%, aktivitas tulis (writing activities) 61,46%, dan aktivitas lisan (oral activities) 38,42%. Aktivitas emosional siswa tinggi karena menyukai pelajaran kimia khususnya pada materi struktur atom, aktivitas lisan siswa rendah karena siswa kurang percaya diri untuk bertanya dan menyampaikan pendapat.