Pengaruh Pendekatan Scientific Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Booklet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA Negeri 2 Sambas

Main Author: RIZA SAHPUTRA, mr
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/502/1/Abstrak.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/502/2/Bab%20I.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/502/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan scientific melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan media booklet dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah berbantuan media booklet terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X SMA Negeri 2 Sambas dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan scientific melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan media booklet terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X SMA Negeri 2 Sambas. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasy Eksperimental Research) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes berbentuk essay berupa pretest dan posttest. Hasil analisis data posttest menggunakan uji U Mann Whitney dengan software SPSS 17.0 for windows diperoleh taraf α = 5% diperoleh angka probabilitas, yaitu Pvalue (0.00) < α (0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perhitungan Effect Size (ES) diperoleh ES sebesar 1,21 yang tergolong dalam kategori tinggi dan jika dilihat dari Tabel Z memberikan pengaruh sebesar 38,69 % terhadap hasil belajar.