Analisis Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak
Main Author: | HILDA WENY JAYANTI, 111620510 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/498/1/8.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/498/2/BAB%20I.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/498/ |
Daftar Isi:
- Penilaian pembelajaran mencakup tiga aspek kemampuan peserta didik, yakni kemampuan kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Kemampuan kognitif cenderung disoroti dibandingkan kemampuan afektif dan psikomotorik. Penilaian kemampuan psikomotorik mahasiswa UM Pontianak perlu dilakukan sejak awal. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan penelitian tentang analisis kemampuan psikomotorik mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Kimia UM Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, terhadap 16 orang mahasiswa menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata kemampuan psikomotorik mahasiswa adalah 73.24%. Sebanyak 1 mahasiswa dengan kategori kemampuan sangat baik dan 15 mahasiswa dengan kategori kemampuan baik. Walaupun demikian, ada beberapa aspek kemampuan psikomotorik mahasiswa dengan kategori kemampuan kurang dan kategori kemampuan sangat kurang.