Implementasi Model Pembelajaran Generatif terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Moluska di Kelas X SMA Negeri 01 Sungai Raya
Main Authors: | WULANDARI, AYU, MULDAYANTI, NURI DEWI, Setiadi, Anandita Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/476/1/Ayu_Wulandari.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/476/ |
Daftar Isi:
- Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 01 Sungai Raya pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM 75, khususnya pada sub materi moluska dengan persentase ketuntasan 47,93%, sehingga dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan besarnya pengaruh model pembelajaran generatif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XD sebagai kelas eksperimen dan XE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji-t dan U-Mann Whitney menunjukan terdapat perbedaan aktivitas belajar yaitu 0,000<0,05 dan hasil belajar yaitu 0,039<0,05, hal ini menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Sedangkan perhitungan Effect Size memberikan pengaruh persentase peningkatan aktivitas belajar sebesar 70,7% tergolong besar, dan hasil belajar sebesar 27,4% tergolong kecil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan implementasi model pembelajaran generatif terdapat perbedaan dan memberikan pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.