PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA KING LAUNDRY PONTIANAK

Main Author: Siti, Khadijah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/458/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/458/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/458/
Daftar Isi:
  • King Laundry Pontianak merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pencucian di Pontianak, dalam menjalankan usahanya King Laundry menggunakan bauran pemasaran jasa atau yang biasa disebut 7P. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan sebagai berikut: pernah menggunakan jasa King Laundry Pontianak minimal 2 kali, dan konsumen melakukan pembayaran atas nama sendiri Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif regresi linear berganda. Analisis regresi linier berganda dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Analisis yang digunakan adalah analisis sofware SPSS versi 22.0 untuk mempermudah dalam mengolah dan menginterprestasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang menggunakan jasa King Laundry Pontianak sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berumur 20-29 tahun, tingkat pendidikan SMA, bekerja sebagai swasta, dan memiliki penghasilan Rp. 1.500.000 – Rp. 2.499.000. Determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,504. Koefisien korelasi (R) menunjukkan nilai sebesar 0,710. Uji analis F secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. F tabel yang diperoleh adalah sebesar 2.10. Hal ini menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (13,346 > 2,10) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji t secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasilnya ada di antara berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian ada juga yang tidak yaitu: produk (5,035 > 1,980) berpengaruh secara parsial, harga (1,314 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, tempat (3,709 > 1,980) berpengaruh secara parsial, promosi (0,345 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, orang (-0,136 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, proses (-2,077 > 1,980) berpengaruh secara parsial, dan bukti fisik (0,354 < 1,980) tidak berpengruh secara parsial