PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN MATARI MGX 200/SL
Main Author: | ALFATANI, AHMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/395/1/abstrak.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/395/2/bab%20l.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/395/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi Bahan Bakar dengan variasi putaran yang berbeda-beda. Pengujian dilakukan pada engine stand dengan merk mesin Matari MGX 200/SL. Dengan memvariasikan putaran mesin pada 1300 rpm, pada 1600 rpm, pada 1900 rpm, pada 2200 rpm, pada 2500 rpm dan pada 2800 rpm. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa pada putaran 1300 rpm dihasilkan 4,3 cc, Fc dihasilkan 0,0029 kg/mnt, Sfc dihasilkan 0,6264 kg/hp.h, dan Ne dihasilkan 0,28 hp, pada putaran 1600 rpm dihasilkan 5,3 cc, Fc dihasilkan 0,0036 kg/mnt, Sfc dihasilkan 0,6178 kg/mnt, dan Ne dihasilkan 0,35 hp, pada putaran 1900 rpm dihasilkan 6,3 cc, Fc dihasilkan 0,0034 kg/mnt, Sfc dihasilkan 0,6269 kg/hp.h, dan Ne dihasilkan 0,41 hp, pada putaran 2200 rpm dihasilkan 8,3 cc, Fc dihasilkan 0,0056 kg/mnt, Sfc dihasilkan 0,7055 kg/hp.h, dan Ne dihasilkan 0,48 hp, pada putaran 2500 rpm dihasilkan 9,6 cc, Fc dihasilkan 0,0065 kg/mnt, Sfc 0,7254 kg/hp.h, dan Ne dihasilkan 0,54 hp, dan pada putaran 2800 rpm dihasilkan 10,8 cc, Fc dihasilkan 0,0073 kg/mnt, Sfc dihasilkan 0,7224 kg/hp.h, dan Ne dihasilkan 0,61 hp dengan waktu pengujian masing-masing variasi putaran 60 detik. Hasil pengujian ini didapatkan bahwa semakin tinggi putaran mesin, maka akan semakin tinggi pula konsumsi bahan bakar. Pada hasil perhitungan secara teoritis, torsi tertinggi didapat pada rpm 1600 dan konsumsi bahan bakar Spesifik (Sfc) yang ideal pada rpm 1600 dan pada rpm 2800