PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK DANA PENDIDIKAN DI PT. ASURANSI JIWASRAYA KOTA PONTIANAK

Main Author: ABDILLAH, MR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/358/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/358/2/BAB%201.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/358/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen membeli produk dana pendidikan di PT.Asuransi Jiwasraya Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu pengambilan elemen-elemen yang dimaksud dalam sampel yang dilakukan dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel tersebut representative atau mewakili populasi. Untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus Slovin, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dan menunjukkan bahwa promosi penjualan (Sales Promotion) dan hubungan masyarakat (Public Relation) paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian jasa Asuransi Jiwasraya Pontianak. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi (R) diketahui bahwa nilai r (korelasi) adalah sebesar 0,189 yang berarti bahwa bauran promosi (Promotion Mix) memiliki hubungan sangat lemah terhadap keputusan pembelian produk dana pendidikan di PT.Asuransi Jiwasraya Pontianak. Berdasarkan hasil Koefisien Determinasi (R2) promosi penjualan (Sales Promotion) dan hubungan masyarakat (Public Relations) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 3,6% sedangkan sisanya sebesar 96,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak masuk dalam analisis regresi ini. Berdasarkan hasil uji f menyatakan bahwa penjualan perseorangan (Personal Selling), promosi penjualan (Sales Promotion), periklanan (Adversiting), dan hubungan masyarakat (Public Relations) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk dana pendidikan. Dan berdasarkan hasil uji t promosi penjulan (Sales Promotion) dan hubungan masyarakat (Public Relations) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk dana pendidikan PT.Asuransi Jiwasraya.