DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL SISWA PADA MATERI KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 PONTIANAK

Main Authors: AGUS, NURHIDAYATI, ERLINA, ERLINA, ASHARI KURNIAWAN, RIZMAHARDIAN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM PONTIANAK , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/329/1/JURNAL%20NURHIDAYATI%20AGUS.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/329/
Daftar Isi:
  • Ilmu kimia merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian siswa karena sebagian besar materinya bersifat abstrak. Kemampuan mempelajari kimia yang bersifat abstrak ini cenderung dimiliki oleh siswa yang memiliki kemampuan berpikir formal,karena kemampuan berpikir formal akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir formal siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak. Teknik pemilihan sampel yaitu dengan teknik sampling jenuh. Data diperoleh dengan tes keterampilan multipel representasi dan teskemampuan berpikir formal (KBF) sebanyak 24 soal. Siswa yang sudah mencapai kemampuan berpikir formal hanya 10,71% sisanya masih dalam berada pada berpikir transisi dan konkret, masing-masing sebesar 53,57% dan 35,71%.