ANALISIS KESADARAN METAKOGNISI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA ORGANIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UM PONTIANAK

Main Authors: ULFAH, MARIA, ERLINA, ERLINA, ASHARI KURNIAWAN, RIZMAHARDIAN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM PONTIANAK , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/328/1/JURNAL%20MARIA%20ULFAH.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/328/
Daftar Isi:
  • Kesadaran metakognisi merupakan aspek yang sangat diperlukan oleh para ahli kimia dan mahasiswa yang sedang belajar kimia. Metakognisi merupakan salah satu aspek pengetahuan yang termasuk dalam kompetensi lulusan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam kurikulum 2013. Mahasiswa sebagai generasi penerus pendidik tentunya harus memiliki metakognisi dalam dirinya, sehingga nantinya dapat memberikan pengetahuan ini kepada peserta didiknya. Kimia organik dianggap salah salah satu mata kuliah yang sulit bagi mahasiswa didukung data banyaknya mahasiswa yang mengulang mata kuliah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran metakognisi dan hasil belajar kimia organik mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Kimia UM Pontianak, serta mencari hubungan antara keduanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Kesadaran metakognisi diukur menggunakan angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) sedangkan hasil belajar diambil dari data nilai rata-rata kimia organik I, II, dan lanjut dari 39 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, persentase kesadaran metakognisi mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UM Pontianak pada mata kuliah kimia organik yaitu 33% dengan kategori bagus, 54% dengan kategori berkembang, dan 13% dengan kategori belum terlalu bisa. Sedangkan rata-rata hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kimia organik sebesar 70,08, dan termasuk dalam kategori baik. Hasil perhitungan koefisien korelasi dan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,622 dan 0,387 secara berturut-turut. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa antara kesadaran metakognisi dan hasil belajar kimia organik memiliki hubungan yang kuat, dengan 38,2% hasil belajar dipengaruhi oleh kesadaran metakognisi.