PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP
Main Authors: | ERNAWATI, ERNAWATI, HAIRIDA, HAIRIDA, FADHILAH, RAUDHATUL |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM PONTIANAK
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/327/1/JURNAL%20ERNAWATI.docx http://repository.unmuhpnk.ac.id/327/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar siswa yang masih rendah disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton memerlukan strategi atau model pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan saintifik melalui pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol dan X IIS-1 sebagai kelas eksperimen dan ditentukan dengan teknik Purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji hipotesis pada data nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji U Mann-Whitney dengan α= 5% diperoleh Zhitung = -2,003 < Ztabel = -1,96, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pembelajaran ceramah. Pengaruh pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem periodik unsur tergolong sedang dengan effect size sebesar 0,51. Dengan kata lain dari effect size tersebut pendekatan saintifik melalui pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem perodik unsur berpengaruh sebesar 19,5% terhadap hasil belajar siswa. NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dapat bekerjasama dengan siswa yang lain, siswa mempunyai lebih banyak kesempatan untuk menghargai perbedaan, partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.