Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Beringin Cabang Diponegoro Pontianak

Main Author: Amathobariah, Amathobariah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM PONTIANAK , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/317/1/JURNAL%20AMATHOBARIAH.docx
http://repository.unmuhpnk.ac.id/317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Beringin Cabang Diponegoro Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi, yaitu untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert sebagai alat ukur dan disebarkan kepada 100 orang dengan pertimbangan konsumen yang datang sendiri untuk membeli dan mengkonsumsi langsung makanan dan minuman di Restoran Beringin Cabang Diponegoro Pontianak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, uji F, uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan dari analisis regresi linier berganda diketahui bahwa produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Beringin Cabang Diponegoro Pontianak. Secara simultan, produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Beringin Cabang Diponegoro Pontianak. secara parsial, hanya bukti fisik yang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik memiliki korelasi yang sangat kuat dan berkontribusi besar terhadap keputusan pembelian konsumen.