IMPLEMENTASI METODE PQ4RBERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 PONTIANAK

Main Authors: Randa, Gusti, Muldayanti, Nuri Dewi, Qurbaniah, Mahwar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM PONTIANAK , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/279/1/JURNAL%20GUSTI%20RANDA.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/279/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran biologi terutama pada materi kingdom animalia memerlukan perlakuan metode dan media yang lain untuk menambah hasil nilai yang lebih baik. Salah satuMetode pembelajaran berbantuan media yang dapat digunakan pada materi kingdom animalia yaitu metode PQ4R dan media komik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh implementasimetode PQ4R berbantuan media komik pada materi kingdom animalia terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Pontianak. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan tipeNonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknikpurposive sampling yaitu siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen semester genap di SMA Negeri 5 Pontianak. Hasil penelitian menunjukanhasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran PQ4Rberbantuan media komik lebih tinggi yaitu dengan nilai gain 33,17 dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional berbantuan media komikdengan nilai gain 17,79. Hasil perhitungan Effect Sizehasil belajar sebesar 1,04 (55,4 %)hal ini menunjukan pembelajaran dengan metode PQ4R berbantuan media komik memberikan pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan metode PQ4R berbantuan media komik lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional berbantuan media komik