MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUKAN MEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 JAWAI

Main Authors: Meitisari, Endah, Muldayanti, Nuri Dewi, Eka, Anandita Eka
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM PONTIANAK , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/278/1/JURNAL%20ENDAH%20MEITISARI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/278/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPA yang masih rendah. Salah satu materi yang belum mencapai KKM adalah materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantukan media flash untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri I Jawai. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Jawai tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pengukuran, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 78% pada siklus II, dan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,64% siklus II meningkat menjadi 85,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantukan media flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 1 Jawai.