IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN MOTORIKKASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK

Main Authors: Yani, Sakilah, Mawardi, Mawardi, Somatri, Elin B.
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/1/JURNAL%20SAKILAH%20YANI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/
ctrlnum 231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/</relation><title>IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS&#xD; DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN&#xD; MOTORIKKASAR ANAK&#xD; DI TAMAN KANAK-KANAK&#xD; KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK</title><creator>Yani, Sakilah</creator><creator>Mawardi, Mawardi</creator><creator>Somatri, Elin B.</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi senam lalu lintas dalam pemerolehan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan perencanaan evaluasi terhadap pelaksanaan senam lalu lintas dalam pemerolehan keterampilan motorik kasar kasar anak kelompok B usia 5-6 tahun yang terdiri dari 28 anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) perencanaan: guru harus hapal gerakan senam, menggunakan pakaian senam, dan selalu membuat RKH. (2) pelaksanannya: menyiapkan media, menyiapkan barisan, menanyakan kondisi anak. (3) evaluasi guru dapat mengetahui keterampilan motorik kasar anak yakni: mulai berkembang, berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik</description><publisher>UM Pontianak</publisher><date>2014-03-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/1/JURNAL%20SAKILAH%20YANI.pdf</identifier><identifier> Yani, Sakilah and Mawardi, Mawardi and Somatri, Elin B. (2014) IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN MOTORIKKASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK. Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yani, Sakilah
Mawardi, Mawardi
Somatri, Elin B.
title IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN MOTORIKKASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK
publisher UM Pontianak
publishDate 2014
topic LB1501 Primary Education
url http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/1/JURNAL%20SAKILAH%20YANI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi senam lalu lintas dalam pemerolehan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan perencanaan evaluasi terhadap pelaksanaan senam lalu lintas dalam pemerolehan keterampilan motorik kasar kasar anak kelompok B usia 5-6 tahun yang terdiri dari 28 anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) perencanaan: guru harus hapal gerakan senam, menggunakan pakaian senam, dan selalu membuat RKH. (2) pelaksanannya: menyiapkan media, menyiapkan barisan, menanyakan kondisi anak. (3) evaluasi guru dapat mengetahui keterampilan motorik kasar anak yakni: mulai berkembang, berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik
id IOS6300.231
institution Universitas Muhammadiyah Pontianak
affiliation ptma.onesearch.id
institution_id 748
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak
library_id 763
collection Institutional Repository UM Pontianak
repository_id 6300
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Public Preventive Medicine/Ilmu Kesehatan Masyarakat
Islam/Agama Islam
Aquatic Ecology and Freshwater Ecology/Ekologi Perairan dan Ekologi Air Tawar
city KOTA PONTIANAK
province KALIMANTAN BARAT
repoId IOS6300
first_indexed 2018-10-24T05:01:30Z
last_indexed 2018-10-24T05:01:30Z
recordtype dc
_version_ 1686411821964066816
score 17.538404