IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN MOTORIKKASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK
Main Authors: | Yani, Sakilah, Mawardi, Mawardi, Somatri, Elin B. |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/1/JURNAL%20SAKILAH%20YANI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/ |
ctrlnum |
231 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/</relation><title>IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS
DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN
MOTORIKKASAR ANAK
DI TAMAN KANAK-KANAK
KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK</title><creator>Yani, Sakilah</creator><creator>Mawardi, Mawardi</creator><creator>Somatri, Elin B.</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi senam lalu lintas dalam pemerolehan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan perencanaan evaluasi terhadap pelaksanaan senam lalu lintas dalam pemerolehan keterampilan motorik kasar kasar anak kelompok B usia 5-6 tahun yang terdiri dari 28 anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) perencanaan: guru harus hapal gerakan senam, menggunakan pakaian senam, dan selalu membuat RKH. (2) pelaksanannya: menyiapkan media, menyiapkan barisan, menanyakan kondisi anak. (3) evaluasi guru dapat mengetahui keterampilan motorik kasar anak yakni: mulai berkembang, berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik</description><publisher>UM Pontianak</publisher><date>2014-03-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/1/JURNAL%20SAKILAH%20YANI.pdf</identifier><identifier> Yani, Sakilah and Mawardi, Mawardi and Somatri, Elin B. (2014) IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN MOTORIKKASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK. Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yani, Sakilah Mawardi, Mawardi Somatri, Elin B. |
title |
IMPLEMENTASI SENAM LALU LINTAS
DALAM PEMEROLEHAN KETERAMPILAN
MOTORIKKASAR ANAK
DI TAMAN KANAK-KANAK
KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK |
publisher |
UM Pontianak |
publishDate |
2014 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/1/JURNAL%20SAKILAH%20YANI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/231/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi senam lalu lintas dalam pemerolehan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan perencanaan evaluasi terhadap pelaksanaan senam lalu lintas dalam pemerolehan keterampilan motorik kasar kasar anak kelompok B usia 5-6 tahun yang terdiri dari 28 anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) perencanaan: guru harus hapal gerakan senam, menggunakan pakaian senam, dan selalu membuat RKH. (2) pelaksanannya: menyiapkan media, menyiapkan barisan, menanyakan kondisi anak. (3) evaluasi guru dapat mengetahui keterampilan motorik kasar anak yakni: mulai berkembang, berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik |
id |
IOS6300.231 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Pontianak |
affiliation |
ptma.onesearch.id |
institution_id |
748 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak |
library_id |
763 |
collection |
Institutional Repository UM Pontianak |
repository_id |
6300 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Public Preventive Medicine/Ilmu Kesehatan Masyarakat Islam/Agama Islam Aquatic Ecology and Freshwater Ecology/Ekologi Perairan dan Ekologi Air Tawar |
city |
KOTA PONTIANAK |
province |
KALIMANTAN BARAT |
repoId |
IOS6300 |
first_indexed |
2018-10-24T05:01:30Z |
last_indexed |
2018-10-24T05:01:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686411821964066816 |
score |
17.538404 |