STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENDEKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DI KELAS B6 TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKADDIMAH PONTIANAK

Main Authors: Fitria, Reka, Muntaha, Muntaha, DIANA, DIANA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/227/1/JURNAL%20REKA%20FITRIA.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/227/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Strategi guru dalam pengelolaan kelas di kelas B6 Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak, (2) pendekatan Perkembangan sosial yang dilakukan guru di dalam kelas B6 Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif dimana penelitiannya sesuai dengan data yang ada tanpa manipulasi data lainnya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan hasil yang telah peneliti dapatkan dari strategi yang guru lakukan saat di dalam kelas yaitu dengan menggunakan tanya-jawab kepada peserta didik seperti guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi lingkungan sekitarnya, bernyanyi disaat mengkoordinasi peserta didik, memberikan penghargaan berupa bintang kepada peserta didik yang mau mengikuti perintah guru dan menata sarana dan prasarana sesuai kebutuhan peserta didik seperti mengatur tempat duduk dan media ajar untuk peserta didik, kemudian guru menggunakan pendekatan untuk perkembangan sosial peserta didik seperti menggunakan pendekatan lingkaran disaat melakukan kegiatan pembukaan maupun kegiatan penutup, pendekatan kelompok dalam melakukan tugas yang guru berikan pada saat kegiatan inti dan pendekatan individu disaat peserta didik mengalami masalah perkembangan sosialnya.