PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK – KANAK PERMATA PONTIANAK UTARA
Main Authors: | RATNAWATI, RATNAWATI, Mawardi, Mawardi, Sutrisno, Sutrisno |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/226/1/JURNAL%20RATNAWATI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/226/ |
Daftar Isi:
- Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin tentu memiliki peran strategis dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk kreativitas guru. Kurangnya kreativitas guru secara langsung maupun tidak langsung dapat berakibat rendahnya prestasi dan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi mengenai peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kreativitas guru memanfaatkan media pembelajaran di TK Permata Pontianak Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena mengungkap data apa adanya atau berdasarkan fakta – fakta yang ada. Sumber data yaitu kepala sekolah dan guru TK Permata Pontianak Utara. Teknik yang digunakan yakni observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yakni: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan membercheck. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Program kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kreativitas guru memanfaatkan media pembelajaran ialah dengan memberikan motivasi, memberikan pembinaan oleh kepala sekolah, dengan kunjungan kelas, memberikan bimbingan kepada guru melalui pemanfaatan media pembelajaran, mengikutsertakan para guru pada kegiatan pelatihan – pelatihan, seminar dan pengembangan wawasan melalui pemanfaatan media pembelajaran. 2) Faktor pendukung bagi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kreativitas guru memanfaatkan media pembelajaran adalah faktor internal ialah faktor bahan/media alam atau buatan yang memicu kepala sekolah untuk meningkatkan kreativitas guru dan adanya sikap pengertian dan menghargai kedudukan kepala sekolah, sedangkan faktor eksternal ialah adanya pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan seminar, 3) Faktor penghambat bagi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kreativitas guru memanfaatkan media pembelajaran adalah faktor internal ialah keterbatasan kemampuan guru dalam mengaplikasi bahan ajar dan kurangnya semangat guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, sedangkan faktor eksternal ialah kurangnya anggaran pendidikan dari pemerintah.