UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO MELALUI KEGIATAN COOKING CLASS DI PENDIDIKAN ANAK USA DINI KASIH IBU PONTIANAK TENGGARA
Main Authors: | Norsanti, Norsanti, Muntaha, Muntaha, Sudarti, Sudarti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/209/1/JURNAL%20NORSANTI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/209/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang 1) Perencanaan guru dalam pelaksanaan metode bermain peran makro melalui kegiatan cooking class untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak Tenggara, 2) Pelaksanaan pembelajaran metode bermain peran makro melalui kegiatan cooking class untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak Tenggara, 3) Peningkatan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak Tenggara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas A Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontinak. Langkah-langkahnya terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri atas dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan setelah diadakan analisis data, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode bermain peran makro melalui kegiatan cooking class dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dilihat dari hasil penelitian dari tindakan siklus I ke II meningkat sebesar 25,11%, sedangkan peningkatan siklus II ke III mengalami peningkatan sebesar 35,53%