IMPLEMENTASI METODE SHAPING DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PONTIANAK SELATAN

Main Author: ARHAN, MAWADDAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/206/1/JURNAL%20MAWADDAH%20ARHAN.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/206/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi metode shaping dalam menanamkan kemandirian anak.Kurangnya kemandirian anak dalam memasang sepatu sejak dini sehingga anak menjadi manja dan apa yang dikerjakan nya selalu ingin dibantu. Tujuan Penelitian ini (1) Persiapan implementasi metode shaping dalam menanamkan kemandirian anak di kelompok A TK Negeri Pontianak Selatan. (2) pelaksanaan implementasi metode shaping dalam menanamkan kemandirian anak di kelompok A TK Negeri Pontianak Selatan. (3) Evaluasi implementasi metode shaping dalam menanamkan kemandirian anak di kelompok A TK Negeri Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. tempat yang digunakan sebagai penelitian adalah TK Negeri Pembina Pontianak Selatan dan sumber yang diperoleh dari guru dan anak. Peneliti menggunakan teknik dan alat pengumpulan data yang meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar peneliti mendapatkan data yang memenuhi standar data yang ditetapkan.keabsahan data data dalam penelitian ilmiah mutlak diperlukan untuk mengetahui keabsahan data pada penelitian dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan cara – cara tertentu. Adapun cara untuk pemeriksaan data dalam penelitian ini adalah: triangulasi dan membercheck, Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode shaping terdapat pengaruh kemandirian anak terhadap kehidupan sehari-harinya, anak lebih percaya diri ketika memasang sepatu dan meletakan sepatu pada tempat nya.