UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MELENGKAPI HURUF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU PONTIANAK
Main Author: | Yuliana, Yuliana |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/202/1/JURNAL%20YULIANA.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/202/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak di PAUD Kasih Ibu Pontianak yang kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan pembelajaran dalam mengenal huruf. Fokus penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan melengkapi huruf pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan melengkapi huruf menjadi kata. Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan setiap siklus adanya peningkatan kemampuan membaca anak pada siklus I rata-rata meningkat yaitu 27,27 %, sedangkan siklus II rata-rata meningkat 62,5 %, dan siklus III rata-rata meningkat 90,90 %. Dari hasil penelitian tersebut maka Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Melengkapi Huruf di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak disimpulkan berhasil.