MODEL PENDEKATAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDI PEKERTI PADA PERILAKU ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI GEMILANG PONTIANAK

Main Authors: Liana, Liana, Sutrisno, Sutrisno, Diana, Diana
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/196/1/JURNAL%20LIANA.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/196/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara guru dalam cara pendekatan kepada anak, strategi dan metode yang kurang efektif. Adapun yang menjadi fokus penelitian disini yaitu dalam mendeskripsikan cara pendekatan guru, strategi, dan metode yang digunakan untuk pembelajaran budi pekerti apakah sudah efektif untuk mencapai suatu tujuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran budi pekerti. (2) mendeskripsikan strategi dan metode yang digunakan dalam mengembangkan budi pekerti pada perilaku anak. (3) mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan budi pekerti pada perilaku anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Penelitian dilakukan di PAUD Gemilang Pontianak. Sumber data yang diperoleh dari guru dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian pada pertemuan pertama kedua, dan ketiga dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa guru di PAUD gemilang cukup berhasil dalam menerapkan model pendekatan guru dalam mengembangkan budi pekerti pada perilaku anak usia 4-6 tahun.