PENGARUH STRATEGI PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V B SEKOLAH DASAR NEGERI 16 PONTIANAK UTARA KOTA PONTIANAK

Main Author: Sari, Kumala
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2014
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/193/1/JURNAL%20KUMALA%20SARI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/193/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan informasi dan kejelasan tentang Pengaruh Strategi Picture and Picture Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V B Sekolah Dasar Negeri 16 Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan bentuk penelitian quasi eksperimental design, jumlah populasi dan sampel 28 orang, teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik komunikasi tak langsung. Alat penelitian yang digunakan berupa, panduan observasi dan angket. Teknik pengolahan data mempergunakan rumus formulasi regresi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan Terdapat Pengaruh Strategi Picture and Picture Terhadap Aktvitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Pontianak Utara Kota Pontianak. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 81,05, 2) Aktivitas belajar siswa di kelas yang tidak menerapkan strategi picture and picture pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V B Sekolah Dasar Negeri 16 Pontianak Utara Kota Pontianak tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar sebesar 78,65, 3) Terdapat pengaruh positif antara penerapan strategi picture and picture terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V B Sekolah Dasar Negeri 16 Pontianak Utara Kota Pontianak, karena kenaikan variable bebas diikuti oleh kenaikan variable terikat, dan sebaliknya.