MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKADDIMAH PONTIANAK

Main Authors: Widya Astuti, 091610294, Sri Nugroho Jati, mr, Sudarti, Sudarti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/162/1/JURNAL%20WIDYA.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/162/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di Taman Kanak- kanak Al- Mukaddimah Pontianak. (2) Meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di Taman Kanak- kanak Al- Mukaddimah Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif jenisnya tindakan penelitian kelas (PTK), yang dilaksanakan beberapa tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus tindakan yang saling berkaitan. Satu siklus terdiri dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi teknik observasi, wawancara dan teknik studi dokumentasi uang diperoleh dari subjek penelitian terdiri dari 26 orang anak. Hasil penelitan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek pada siklus I anak yang belum berkembang (BB) 25.77%, anak yang mulai berkembang (MB) 38.84% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 35%. Pada siklus ke II terjadi peningkatan pada anak yang belum berkembang, sehingga anak yang belum berkembang (BB) 2.4%, anak yang mulai berkembang (MB) 36.8% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 60.8%. Pada siklus ke III, terjadi peningkatan yang anak yang belum berkembang (BB) 0.39%, anak yang mulai berkembang (MB) 13.45% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 86.2%. Kata kunci: Kemampuan Sosial, Metode Proyek