MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP KABUPATEN KUBU RAYA
Main Authors: | SAKIMAH, 081610792, Elin B. Somantri, mr, Wahdah, S.Ag. M.Pd, mrs |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/161/1/jurnal.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/161/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Hasil penelitian yang telah di lakukan dan melalui hasil yang di peroleh setelah diadakan analisis data bahwa: 1)Perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media papan alur yang dilakukan guru dapat dikategorikan “baik sekali” dengan skor 3,6. Adapun perencanaan yang dilakukan a) membuat RKH dengan tema kebutuhanku dengan tema makanan, sayuran, minuman dan buah-buahan, b) merancang lembar observasi, c) menyiapkan media pembelajaran. 2) Media papan alur dapat meningkatkan pemahaman tentang mengklasifikasikan benda berdasarkan posisi atas-bawah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Satu Atap Desa Sungai Belidak Kabupaten Kubu Raya dan dikategorikan berkembang sesuai harapan dengan skor 75%. 3) Media papan alur dapat meningkatkan pemahaman tentang menentukan posisi kanan-kiri pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Satu Atap Desa Sungai Belidak Kabupaten Kubu Raya dan dikategorikan berkembang sesuai harapan, sebesar 75%. 4) Media papan alur dalam meningkatkan tentang menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (mencari perbedaan letak posisi jauh-dekat) pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Satu Atap Desa Sungai Belidak Kabupaten Kubu Raya dan dikategorikan berkembang sesuai harapan sebesar 80%. Kata Kunci: Papan Alur, Kognitif Abstrack: Research that has been done and through the results obtained after the analysis of the data held that: 1) Planning of learning by utilizing media groove boards that teachers can be categorized as "very well" with a score of 3.6. The planning is done a) make RKH with theme my needs with the theme of food, vegetables, drinks and fruits, b) designing the observation sheet, c) preparing instructional media. 2) Media groove boards can improve the understanding of classifying objects based on top-down position in children aged 4-5 years in Kindergarten developing and categorized according to expectations with a score of 75%. 3) Media groove boards can improve the understanding of determining the right-left position in children aged 4-5 years in Kindergarten and categorized evolve as expected, by 75%. 4) Media groove boards in raising about showing explorative activity and investigate (look for differences in location of the position far-close) in children aged 4-5 years in Kindergarten developing and categorized according to expectations of 80%. Keywords: Board Flow, Cognitive