IMPLEMENTASI VARIASI GAYA GURU MENGAJAR DALAM METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK – KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PONTIANAK SELATAN
Main Author: | Sulastri, Sulastri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/128/1/JURNAL%20SULASTRI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/128/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui (1) Implementasi variasi gaya guru mengajar dalam metode bercerita di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. (2) Variasi gaya guru mengajar dalam metode bercerita dapat menarik perhatian anak dalam memperhatikan dan mendengarkan guru pada saat bercerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di peroleh terdiri dari sumber data primer ( wawancara kepada guru) dan sumber data sekunder(dokumentasi berupa foto kegiatan anak). Subjek penelitian 2 orang guru dan 32 orang anak. Setting penelitian bertempat di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan.Tehnik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi langsung, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisa data secara narasi, data yang di peroleh meliputi gambar, kata – kata dan prilaku yang tidak di tuangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk narasi. Sedangkan tehnik pemeriksaan keabsahan data adalah member check dan trianggulasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa implementasi variasi gaya guru mengajar dalam metode bercerita di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. Khususnya di Kelas BI tergolong “ Baik”. Pemahaman guru menggunakan variasi gaya guru mengajar dalam metode bercerita untuk mengenalkan berbagai macam kebutuhan bagi tubuh manusia sangat di perlukan sejak dini.