PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA BOOKLET PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 3 SUNGAI KAKAP

Main Author: ARDIANSYAH, ARDIANSYAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/1151/1/BAB%20II%20-%20IV.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1151/1/BAB%20I%20%26%20V.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1151/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM 75, khususnya pada materi organisasi kehidupan , sehingga dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan besarnya pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Berbantuan media booklet terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik pengukuran dan observasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Uji U-Mann Whitney menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yaitu 0,000<0,05, hal ini menunjukkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Sedangkan perhitungan Effect Size memberikan pengaruh persentase hasil belajar sebesar 81,1% tergolong besar. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Think-Pair-Share (TPS) Berbantuan media booklet terdapat perbedaan dan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.